Senin, 27 Mei 2013

PENGERTIAN RETORIKA


PENGERTIAN RETORIKA
CLOUDS.JPG.jpg

Dibuat Oleh :
Nama         : ROMANITA
NPM           : 116211699
Kelas         : 4. A








A.  PENGERTIAN RETORIKA
Titik tolak retorika adalah berbicara. Berbicara berarti mengucapkan kata atau kalimat pada seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu (misalnya memberikan informasi atau motivasi. Berbicara adalah salah satu kemampuan khusus manusia. Bahasa dan pembicaraan itu muncul ketika manusia mengungkapkan dan menyampaikan pikirannya kepada orang lain.
Retorika berarti kesenian untuk berbicara baik yang dicapai berdasarkan bakat alam (talenta) dan keterampilan teknis. Beberapa pengertian retorika menurut para ahli antara lain sebagai berikut :
1.      Menurut Depdiknas (2008:1171) Retorika adalah keterampilan berbahasa secara efektif; seni berpidato yang muluk-muluk dan bombastis.
2.      Menurut Plato Retorika adalah seni berkomunikasi secara lisan yang dilakukan oleh seseorang kepada sejumlah orang secara langsung.
3.      Menurut Gaius Julius Retorika adalah mengucapkan kata atau kalimat pada seseorang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
4.      Menurut St. Agustinus Retorika adalah “kepandaian berbicara adalah seni yang mencakup segala-galanya.
5.      Menurut Pramaedya Ananata Toer Retorika adalah seni berbicara baik yang dicapai berdasarkan bakat alami(talenta) dan keterampilan.  


B.   SIMPULAN
Menurut beberapa pengertian retorika dari para ahli di atas dapat disimpilkan bahwa Retorika adalah suatu gaya atau seni berbicara baik yang dicapai berdasarkan bakat alami (talenta) dan keterampilan teknis. Retorika mencakup ingatan yang kuat, daya kreasi yang tinggi dan daya pembuktian serta penilaian yang tepat. Ber-retorika juga harus dapat dipertanggung jawabkan disertai pemilihan kata dan nada bicara yang sesuai dengan tujuan, situasi, waktu dan siapa lawan bicara yang dihadapi.

C.    RUJUKAN
 Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke IV. Jakarta:
PT. Gramedia Pustaka Utama.
 http://www.wikipedia bahasa Indonesia, retorika ensiklopedia bebas.
(17 Maret 2013).














Tidak ada komentar:

Posting Komentar