Senin, 09 Juni 2014

TUGAS 6 SEMANTIK



TUGAS 6 SEMANTIK
ANALISIS SURAH AL-FATIHAH AYAT KE-6

Artinya: Tunjukilah kami pada jalan yang lurus.
Kalimat, Tunjukilah kami jalan yang lurus merupakan suatu daa. Doa ini saat baik untuk kepentingan umat manusia untuk di dunia dan akhirat. Seluruh umat islam atau orang mukmin selalu berdoa kepada Allah Swt agar ditunjuki jalan yang lurus, yaitu jalan umat islam yang telah diberi nikamt. Kepada manusia telah diperlihatkan jalan yang lurus dan benar itu, tetapi mereka tidak mengikutinya hingga akhir. Surah Al-Fatihah ayat 6 ini merupkan doa yang menghendaki agar orang beriman tidak puas dengan hanya diperlihatkan kepadanya satu jalan saja atau dengan dibimbing pada jalan itu, tapi mereka harus senantiasa terus mengikuti jalan Allah Swt hingga mencapai tujuannya, yaitu bahagia hidup di dunia dan juga bahagia di akhirat. Pada hakikatnya manusia memerlukan pertolongan Allah Swt pada tiap-tiap langkah, waktu serta dalam perbuatannya, agar mereka senantiasa berada di jalan Allah Swt. Oleh karena itu berdoalah secara terus menerus memang sangat perlu dalam kehidupan di dunia ini, agar seanatiasa berada di jalan Allah Swt.
Berdasarkan Tafsir Al-quran, surah Al-Fatihah ayat 6 ini yaitu yang berarti tunjukilah, bimbinglah, dan berikanlah taufiq kepada kami untuk meniti shirhatal mustaqiimi di akhirat kelak yaitu jalan yang lurus. Jalan lurus itu jalan terang dan jelas serta mengantarkan orang yang berjalan di atasnya untuk sampai kepada Allah Swt dan berhasil menggapai surga Allah Swt. Hakikat jalan yang lurus (shirhatal mustaqiimi) memahami kebenaran dan memahamiNya.
Berdasarkan semantik, surah Al-Fatihah ayat 6 ini dari artinya menerangkan yaitu bahwa yang dimaksud jalan yang lurus yaitu jalan hidup yang benar, yang dapat membuat bahagia hidup di dunia dan di akhirat. Maksudnya jika seseorang ingin bahagia di dunia dan di akhirat itu harus berada di jalan lurus yaitu jalan Allah Swt. Seseorang yang ingin bahagia di dunia dan akhirat harus mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan Allah Swt, maka ia akan mendapatkan kehidupan yang bahagia di dunia dan akhirat.
Hubungan antara surah A-Fatihah ayat 6 ini dengan semantik adalah memiliki makna yang ingin disampaikan kepada manusia agar selalu berada di jalan yang lurus agar mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat. Kemudian dari semantiknya terdapat makna kias yaitu Allah menurunkan ayat ini karena ingin memberikan petunjuk kepada umat manusia agar senantiasa berada di jalan yang lurus yaitu jalan Allah Swt, agar mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar