Senin, 09 Juni 2014

TUGAS 9 SEMANTIK



LIMA PULUH (50) PASANG KATA YANG MIRIP DALAM SEMANTIK

1.      Tepis dan Tepas
       Tepis maknanya menepis, melayang (melayap, dsb), sedangkan tepas adalah anyaman bambu (gedek atau bilik) untuk dinding, tutupan, sekat dsb.
2.      Sobek dan Cobek
       Sobek maknanya yaitu mencabik, merobek, mengoyak sesuatu barang, sedangkan cobek maknaya adalah perabot dapur, terbuat dari batu atau tanah liat yang dibentuk seperti piring, untuk mengulek bumbu.
3.      Cakap dan cakep
Cakap maknanya yaitu bicara, omong, atau mengucapkan sesuatu kepada orang lain, sedangkan cakep itu dapat berarti terangkul hingga kedua ujung tangannya bertemu. Kalau cakep itu juga bisa sebutan bagi laki-laki.
4.      Sikut dan Cikut
Sikut maknanya adalah siku, salah satu bagian dari tubuh manusia, sedangkan cikut adalah cikutan, terteguk-teguk, tersedak, cegukan.
5.    Kejam dan Kecam
       Kejam maknanya yaitu tidak menaruh belas kasihan, bengis dan zalim kepada seseorang ataupun benda, sedangkan kecam adalah mengecam, menyelidiki, mengamati dengan teliti atau atau mencamkan.
6.    Cuci dan Caci
       Cuci maknanya adalaha proses mencuci atau membersihkan sesuatu, sedangkan caci adalah mencela, mencerca atau saling mencela atau memaki orang lain.

7.    Tindak dan Tindik
       Tindak maknanya yaitu langkah, perbuatan, melakukan atau berbuat sesuatu, sedangkan tindik adalah maksudnya melubangi atau berlubang pada kuping.
8.    Guling dan Gulung
       Guling maknanya adalah bantal yang bentuknya bulat panjang atau menggulingkan sesuatu benda, sedangkan gulung adalag menbungkus dan menggulung sesuatu.
9.    Simpan dan Sampan
       Simpan maknanya adalah menyimpan, menaruh di tempat yang aman supaya jangan rusak, hilang dan sebagainya, sedangkan sampan adalah perahu kecil yang biasanya digunakan nelayan untuk menangkap ikan.
10.  Jahat dan Jahit
       Jahat maknanya adalah kelakuan atau perbuatan yang sangan buruk dan tidak baik, sedangkan jahit adalah jahitan atau proses pembuatan pakaian dan lain-lain.
11.  Tembak dan Tembok
       Tembak adalah menembak, melepaskan peluru dan sebagainya dari senjata, sedangkan tembok adalah dinding yang terbuat dari bata, batoka, atau semen.
12.  Kurang dan Kering
       Kurang adalah belum atau tidak cukup atau belum sampai, genap dan lengkap, sedangkan kering adalah tidak basah, tidak berair dan tidak lembab.
13.  Kebal dan Kabel
       Kebal maknanya adalah tidak mempan senjata atau tidak dapat terlukai oleh senjata, sedangkan kabel adalah kawat pengantar arus listrik berbungkus karet, plastik.
14.  Idam dan Idap
       Idam maknanya adalah idaman, mengidam, ingin sekali mengecap sesuatu, sedangkan idap adalah menderita sama sekali, selalu sakit-sakit atau menderita sesuatu penyakit. 
15.  Negara dan Negeri
       Negara maknanya adalah organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat, sedangkan negeri adalah tanah tempat tinggal suatu bangsa.
16.  Becak dan Becek
       Becak maknanya adalah alat transportasi roda tiga, sedangkan becek adalah air yang tergenang atau berair dan berlumpur.
17.  Hidup dan Hirup
       Hidup maksudnya adalah masih bernyawa, masih terus ada, bergerak dan bekerja sebagaimana mstinya, sedangkan hirup adalah menghirup, mengisap atau meminum air dan sebagainya.
18.  Rok dan Rak
       Rok maknanya adalah baju perempuan bagian bawah, sedangkan rak adalah lemari yang tidak berpintu atau kepingan papan diberi bertiang untuk tempaa piring, buku dan lain-lain.
19.  Tebu dan Tabu
       Tebu maknanya adalah jenis rumpu-rumputan berbatang tinggi, beruas-ruas, batangnya manis dan biasa digunakan untuk membuat gula.
20.  Batal dan Batil
       Batal maknanya adalah sesuatu yang tidak berlaku dan tidak sah, sedangkan batil adalah gayung air atau wadah air yang dibuat dari tempurung, tembaga dan lain-lain.
21.  Jarang dan Jaring
       Jarang maknanya adalah renggang atau lebar jaraknya, sedangkan jaring adalah alat penangkap ikan. Burung dan lainnya.
22.  Langsung dan Langsing
       Langsung maknanya adalah terus, tidak berhenti dan lanjut tanpa berhenti, sedangkan langsing adalah ramping dan tidak gemuk badannya.
23.  Lolos dan Lulus
       Lolos maknanya adalah lucut lalu lepas atau lepas dari kurungan, kepungan dan sebagainya, sedangkan lulus adalah dapat masuk atau lulus.
24.  Landai dan Lantai
       Landai maknanya adalah tanah, sungai atau pintu yang agak miring atau curam, sedangkan lantai adalah bagian bawah, alas atau dasar sebuah bangunan.
25.  Curi dan Cari
       Curi maknanya adalah mencuri atau mengambil milik orang lain, sedangkan cari adalah menemukan atau mencari sesuatu yang hilang atau pergi.
26.  Ikut dan Ikat
       Ikut maknanya adalah turut, bersama-sama dan ikut serta untuk berbuat sesuatu, sedangkan ikat adalah menguatkan, mengikat atau mengebat sesuatu dengan tali dan dengan yang lainnya.
27.  Poin dan Koin
       Poin maknanya adalah titik atau pemberian nilai, sedangkan koin adalah uang logam.
28.  Kecil dan Kucil
       Kecil maknanya adalah kurang besar, tidak besar, keadaan yang mudah, sedangkan kucil adalah mengucilkan, membiarkan atau mengeluarkan dari lingkungan, persekutuan, keluarga dan sebagainya.
29.  Selamat dan Selimut
       Selamat maknanya adalah terbebas dari bahaya, malapetaka bencana atau terhindar dari segala yang berbahaya, sedangkan selimut adalah kain penutup tubuh dipakai pada waktu tidur.
30.  Sembuh dan Sembah
       Sembuh maknanya adalah menjadi sehat kembali, sedangkan sembah maknanya adalah pernyataan hormat dan khidmat, kata yang ditujukan pada orang yang dimuliakan.



31.  Bibit dan Bibir
       Bibit maknanya adalah semaian padi dan lain-lain, benih sesuatu yang dikembangkan, diternak, sedangkan bibir adalah tepi (pinggir) mulut, tepi sesuatu atau bagian barang yang menyerupai bibir.
32.  Cacat dan Cicit
       Cacat maknanya adalah kekurangan yang mutunya kurang sempurna, sedangkan cicit adalah anak dari cucu.
33.  Kapan dan Kafan
       Kapan maknanya adalah kata tanya untuk menanyakan sesuatu, sedangkan kafan adalah kain pembungkus mayat.
34.  Kuala dan Kuali
       Kuala maknanya adalah tempat pertemuan sungai dengan sungai atau sungai dengan laut, sedangkan kuali adalah alat memasak yang digunakan untuk meggoreng.
35.  Laci dan Leci
       Laci maknanya adalah kotak kecil pada meja dan sebagainya yang dapat ditarik dan disorong tempat menyimpan benda atau barang, sedangkan jenis buah-buahan yang diberi nama leci.
36.  Genting dan Genteng
       Genting maknanya adalah kalau pada tali dan benda sejenis berartihampir putus atau tipis, kalau pada keadaan maksudnya adalah keadaan yang berbahaya atau menimbulkan bencana dan suasana yang tidak enak. Sedangkan genteng adalah tutup atau atap rumah yang terbuat dari tanah liat yang dicetak dan dibakar, bermacam-macam bentuknya.
37.  Bang dan Bank
       Bang maknanya adalah nama panggilan buat abang atau kakak laki-laki, sedangkan bank adalah badan usaha yang di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang untuk masyarakat.

38.  Tegang dan Jegang
       Tegang maknanya yaitu kencang (regang, seperti tali yang di tarik atau direntangkan); kaku, sedangkan jegang adalah tegang, kaku, tegak kaku. Jegang biasanya untuk orang atau badan.
39.  Tas dan Tes
       Tas maknanya adalah kemasan atau wadah yang berbentuk persegi dan sebagainya, biasanya bertali, dipakai untuk menaruh, menyimpan atau membawa sesuatu. Sedangkan tes adalah ujian tertulis, lisan, atau wawancara untuk mengetahui kemampuan, bakat, dan kepribadian seseorang.
40.  Tanjak dan Tunjuk
       Tanjak maknanya adalah jalan yang menganjur ke atas, sedangkan tunjuk adalah menunjuk atau memncari orang lain.
41.  Lambat dan Lembut
       Lambat maknanya adalah melakukan gerak atau jalan secara perlahan-lahan, pelan dan tidak cepat. Sedangkan lembut adalah lunak dan halus, tidak keras dan kalau pada suara tidak nyaring. 
42.  Ruang dan Luang
       Ruang maknanya adalah sela-sela antara dua deret, rongga yang tidak berbatas, sedangkan luang adalah lowong, kososng, senggang dan tidak sibuk.
43.  Malang dan Maling
       Malang maknanya adalah bernasib buruk, celaka dan sial, sedangkan maling adalah orang yang mengambil milik orang lain secara sembunyi-sembunyi atau sering disebut pencuri.
44.  Karung dan Karang
       Karung maknanya adalah kantong besar dari goni yang kasar, sedangkan karang itu bisa diartikan batu kapau yang ada di laut, bisa juga diartikan sebagai menyusun, mengarang, merangkai bunga, cerita, buku dan lain-lain.
45.  Bekal dan Bakal
       Bekal maknanya adalah sesuatu yang disediakan seperti makanan, uang untuk dipergunakan di perjalanan atau sesuatu yang dapat digunakan apabila perlu. Sedangkan bakal adalah yang akan dijadikan atau dibuat sesuatu yang berguna, bisajuga sesuatu yang akan menjadi, calon suami dan lain-lain.
46.  Kabur dan Kabar
       Kabur maknanya adalah tidak dapat melihat sesuatu dengan jelas atau berlari dengan cepat, malarikan diri. Sedangkan kabar adalah laporan atau berita tentang peristiwa yang biasanya belum lama terjadi.
47.  Kaya dan Kayu
       Kaya maknanya adalah mempunyai banyak harta, sedangkan pohon yang batangnya keras, bagian batang, cabang atau dahan pohon.
48.  Tukar dan Tikar
       Tukar maknanya adalah bergantian atau mengganti, sedangkan tikar adalah anyaman daun pandan.
49.  Seksi dan Saksi
       Seksi maknanya adalah bagian dari kesatuan yang bertugas mengurus sesuatu, sedangkan saksi adalah orang yang melihat atau mengetahui sendiri suatu peristiwa.
50.  Interupsi dan Interuksi
            Interupsi maknanya adalah penyelaan atau pemotongan pembicaraan, sedangkan interuksi adalah perintah atau arahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar