Jumat, 28 Maret 2014

TUGAS KE 2



TUGAS  2 SEMANTIK

Bedakan cerita untuk kalimat di bawah ini:
1.      Pencuri itu lari
2.      Pencuri itu berlari

1.             Pecuri itu lari
Keamanan di kampung ini sudang terganggu. Ayam di kampung sering hilang tanpa suara. Demikian juga binatang ternak lainnya. Bahkan pencuri itu berani mencongkel jendela rumah ketua RT. Untungnya cepat diketahui oleh warga, tapi pencuri itu lari. Semenjak itu banyak warga yang takut meninggalkan rumahnya. Bahkan rela berjaga malam untuk menjaga rumah mereka.
Setelah berbagai peristiwa yang terjadi dan keadaan yang tidak aman, maka ketua RT menunjuk warga secara bergiliran untuk menjaga keamanan pada malam hari di POSKAMLING. Warga yang berjaga setiap malamnya dilakukan secara bergiliran setiap kepala keluarga. Sedangkan para ibu-ibu secara bergantian mengantarkan kue dan minuman.

2.             Pencuri itu berlari
Setelah melakukan asksi pencuriannya, pencuri itu berjalan meninggalkan rumah yang dicurinya. Tiba-tiba terdengar ada dua orang laki-laki lewat sambil berbincang-bincang. Pencuri itu kaget dan ia segera mencari tempat untuk bersembunyi. Pencuri itu melihat mobil sampah yang sedang parkir tidak jauh didekatnya. Pencuri itupun meletakkan barang hasil curiannya di atas mobil itu, dan ia bersembunyi di balik mobil sampah yang sedang parkir itu. Setelah dua orang itu pergi jauh dari pencuri tersebut, pencuri itupun berdiri dengan pelan-pelan sambil melihat keadaan aman atau tidak. Pencuri itupun berkata “untung tidak ketahuan, aamaan...” sabil melihat keadaan di sekitarnya. Tiba-tiba mobil sampah di belakang pencuri itu berjalan dengan kencang. Pencuri itu berlari dengan kencang mengejar mobil sampah itu. Sambil berlari pencuri itu berkata “tunggu.... siaallll.....”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar